Mengulik Bisnis Jual Beli Domain di Indonesia

Galeri Tekno – Seperti yang kita ketahui bersama, domain merupakan alamat pribadi untuk kebutuhan internet pada website. Domain berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna internet tanpa harus menghapal nama asli dari internet server berupa IP Addres dan disitulah peran tersebut digantikan oleh domain.

Seiring berkembangnya teknologi digital, berkembang pula penetrasi domain di internet. Ekstensi yang paling banyak diburu adalah domain dengan ekstensi .com. Mulai dari perusahaan besar hingga ukm-ukm di Indonesia berburu domain untuk website usaha mereka. Tak sedikit pula perusahaan tersebut harus membeli mahal domain yang ternyata sudah dimiliki oleh orang lain.

Nah disinilah para pemburu domain beraksi, para pemburu domain ternyata lebih dulu memikirkan kemungkinan-kemungkinan nama domain yang akan digunakan kedepannya. Misalkan sebagai contoh domain toys.com merupakan salah satu domain yang dihargai lebih dari $5.1 jt dari seseorang yang telah lebih dulu membeli domain tersebut. Namun sang perusahaan Toys R Us berpikir panjang dan membeli domain tersebut sebagai investasi dan hasilnya positif, domain toys.com tersebut selalu bertengger di posisi pertama pencarian google dengan kata kunci toys dan mendukung kata kunci Toys R Us.

BISNIS DOMAIN DI INDONESIA

Di Indonesia sendiri, bisnis domain juga sudah mulai banyak dilakukan. Sebagai contohnya ketika saya ingin memulai portal Galeri Tekno ini, sebenarnya domain yang saya targetkan yaitu galeritekno.com namun ternyata sudah dimiliki orang lain. Tapi jangan putus asa, karena alternatif ekstensi untuk domain tidak hanya .com dan saya memutuskan untuk membeli domain dengan ekstensi .net dan secara arti domain dengan ekstensi .net merupakan domain yang lebih khusus membahas tentang internet.

Sebenarnya saya bisa saja membeli domain galeritekno.com tersebut dari sang pemilik domain, namun sudah pasti pemilik domain dengan ekstensi tersebut akan menjualnya lebih mahal ketimbang harga domain .com yang umumnya berada dikisaran 130 ribu rupiah.

Nah dari sinilah anda dapat memanfaatkan peluang tersebut, anda dapat memperkirakan domain apa yang akan diburu oleh orang yang membutuhkan alamat domain tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan event promo dari penyedia layanan domain untuk mendapatkan domain tersebut dengan harga yang lebih murah. Dengan modal 130 ribu selama setahun anda dapat berinvestasi dengan membooking terlebih dahulu domain yang dimana sewaktu waktu akan menjadi mahal.

BACA JUGA : “Pengalaman Menggunakan Unlimited Hosting dari hoster.co.id

KERUGIAN DALAM BISNIS JUAL BELI DOMAIN

Selain mendatangkan keuntungan dari segi penjualan kembali domain, anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kerugian yang akan terjadi bilamana anda ikut terjun didalam bisnis ini.

Salah satu kerugian umumnya adalah domain anda tidak laku dipasaran karena sang target membeli domain dengan ekstensi nasional. Misalkan google.co.id. Karena perlu anda ketahui juga, domain dengan ekstensi nasional seperti .co.id atau .id memerlukan identitas khusus untuk kepemilikan terhadap domain tersebut misalkan dengan menyerahkan dokumen fisik cv perusahaan ataupun Kartu Tanda Penduduk.

Jadi sebaiknya anda urungkan niat apabila ingin mengambil untung dari sebuah brand perusahaan, karena biasanya mereka tidak menggunakan domain dengan ekstensi umum seperti .com .net .xyz dan sebagainya. Namun mereka tentunya lebih memilih domain dengan ekstensi .id atau .co.id

Anda juga harus berpikir tentang kemungkinan keyword domain yang sudah anda tetapkan dan anda beli mungkin menarik bagi anda namun tidak menarik bagi orang lain. Nah, dalam hal ini anda harus mempertimbangkan secara matang domain apa yang akan digunakan tersebut untuk mendatangkan keuntungan. Alih-alih salah dalam perencanaan bukan tidak mungkin hanya buntung yang akan anda dapatkan.

KESIMPULAN

Bisnis jual beli domain sebenarnya bisnis yang menarik untuk dijalankan, karena memerlukan perencanaan teknis yang matang dan pembelian domain pada waktu yang tepat. Bagi anda yang ingin berburu domain ada baiknya juga mempertimbangkan beberapa kerugian yang mungkin akan anda derita apabila salah dalam mengambil langkah dalam bisnis domain tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here