Selayang Pandang Shared Hosting dan Cloud Hosting

Galeri Tekno – Pada era sekarang ini, kebutuhan akan sebuah hosting untuk menunjang sebuah website jelas merupakan sebuah keharusan. Berbagai website di internet yang online saat ini seperti website pribadi, perusahaan,organisasi, berita, blog dan lain-lainnya menggunakan media penyimpanan untuk mengakses situs mereka yang disebut dengan hosting.

Hosting sendiri memang merupakan sebuah media penyimpanan website. Tanpa sebuah hosting, tentu saja website yang anda buat tidak dapat diakses. Bisa diibaratkan hosting merupakan hardisk yang ada disebuah komputer anda yang biasanya dapat mengakses data website dengan menggunakan localhost. Bedanya disini anda tidak menggunakan server lokal pada sebuah komputer, melainkan menggunakan sebuah server online yang disediakan oleh berbagai macam perusahaan hosting.

Nah lalu apa itu Shared Hosting dan Cloud Hosting ? Mari kita kupas satu persatu.

Baca Juga : “Mengenal Istilah Inodes Dalam Hosting Unlimited

Pengertian Shared Hosting dan Cloud Hosting

Shared Hosting, merupakan teknologi hosting konvensional yang dimana penggunaan server digunakan secara bersamaan oleh berbagai pengguna lainnya. Sehingga kecepatan dari sebuah server tergantung dari tingkat pemakaian pengguna yang ada dilamnya, semakin banyak yang mengakses website anda secara bersamaan secara otomatis akan menganggu kinerja dari website pengguna lainnya begitu pula dengan sebaliknya.

Penggunaan CPU,Disk Space,Bandwith,RAM dan lain-lain pada sebuah Shared Hosting juga digunakan secara bersamaan untuk beberapa pengguna yang tergabung pada server shared hosting tersebut, sehingga hal seperti ini biasanya akan menyebabkan server mengalami overload atau kelebihan penggunaan. Meskipun begitu, umumnya harga Shared Hosting jauh lebih murah dan anda juga bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan unlimited meskipun dengan kebijakan pemakaian wajar.

Sedangkan Cloud Hosting, merupakan teknologi hosting terbaru saat ini dimana server-server yang ada saling berhubungan sehingga membentuk sebuah jaringan yang disebut dengan cloud. Sama halnya seperti cloud computing, cloud hosting menyediakan berbagai macam akses server sehingga kecepatan akses website anda sendiri tidak akan terganggu jika ada pengguna lain yang juga sedang mengakses website mereka pada serangkaian server tersebut.

Cloud hosting juga memberikan jaminan website anda tidak akan terjadi downtime akibat ulah pengguna lain yang menggunakan resource secara berlebihan karena disetiap paket cloud hosting anda diberikan CPU, Disk Space, Bandwith dan RAM sendiri sehingga tidak akan menganggu anda dan pengguna lain. Kalaupun jika website anda lamban diakses biasanya diakibatkan oleh penuhnya CPU dan RAM pada akun hosting anda, anda dapat melakukan upgrade pada paket hosting tersebut untuk mendapatkan akses yang lebih banyak lagi.

Baca Juga : “5 Hosting Terbaik Indonesia 2017

Keunggulan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Shared Hosting jelas memiliki keunggulan dari segi harga, dimana umumnya harga yang ditawarkan untuk sebuah paket Shared Hosting sangat murah sehingga tidak terlalu membebani finansial anda. Shared Hosting kebanyakan dikelola oleh para penyedia layanan hosting, sehingga anda tidak perlu mengatur server yang digunakan untuk hosting anda dan dapat fokus pada pengembangan kontent (bagi blogger) mengurus penjualan (bagi pengusaha) dan lain-lain.

Cloud Hosting juga memiliki manfaat dimana data anda yang berada pada cloud hosting dapat diakses jauh lebih cepat, sehingga anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan jika mengembangkan bisnis online, ataupun kehilangan pembaca akibat terlalu menunggu lama loading website. Karena perlu anda ketahui, klien ataupun pengunjung website anda tentu tidak mau membuang waktu menunggu loading website anda meskipun hanya 5 detik.

Kekurangan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Ada keunggulan juga pasti ada kekurangan. Pada Shared Hosting sendiri contohnya, pada hosting ini anda perlu mengkhawatirkan kondisi server penyedia layanan hosting apakah mampu secara optimal mengatasi lonjakan trafik. Karena kebanyakan website yang menggunakan shared hosting lebih sering down apabila terjadi lonjakan trafik secara berlebihan. Shared Hosting juga tidak akan  membuat anda secara bebas mengoptimasi hosting anda karena shared hosting sudah ditentukan pembagiannya dalam satu server kepada pengguna lain yang juga menggunakan shared hosting.

Begitu pula dengan Cloud Hosting, pada hosting ini harga paket cenderung lebih mahal dan mungkin kurang cocok bagi anda yang memulai merintis sebuah website dan memiliki alokasi dana yang terbatas untuk pengembangan website. Selain itu, jika anda tidak cermat dalam memilihi penyedia layanan cloud hosting bukan tidak mungkin anda akan direpotkan untuk mengurus data-data yang anda hosting ke cloud atau penyimpanan awan, data anda juga akan berpotensi hilang jika memilih penyedia cloud hosting yang tidak berkualitas.

Baca Juga : “Dewaweb Cloud Hosting Murah

Kesimpulan

Shared Hosting dan Cloud Hosting memang sejatinya merupakan teknologi penyimpanan data website, dimana hal-hal teknis yang telah dijelaskan diataslah yang menjadi pembeda antara kedua layanan ini. Kesimpulan yang dapat ditarik pada artikel ini adalah jika anda mempunyai budget yang terbatas dan baru mulai merintis website, ada baiknya menggunakan shared hosting terlebih dahulu karena faktor harga tersebut. Namun bagi anda yang membutuhkan kecepatan lebih dalam mengakses website anda dapat menggunakan cloud hosting yang dari segi harga lebih mahal ketimbang shared hosting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here