Cara Setting Email Hosting cPanel di Gmail

Pada kesempatan kali ini Galeri Tekno ingin sedikit berbagi tips kepada teman-teman semua bagaimana caranya melakukan setting email yang ada di cPanel hosting kalian agar dapat dipergunakan di android, ribet juga kan jika kalian harus selalu mengecek laptop hanya untuk melihat email di hosting. Nah untuk itu Galeri Tekno memberikan langkah-langkah cara setting email cPanel di Gmail.

1. Pertama kalian bisa membuat terlebih dahulu email yang akan dihubungkan ke android, caranya cukup dengan membuka alamat cPanel kalian, masukkan username dan password cPanel. Setelah dalam dashboard cPanel kalian pilih email dan buat email tersebut.

2. Jika sudah membuat email, buka aplikasi gmail. pilih tambahkan akun lainnya, kemudian masukkan email yang telah kamu buat di cPanel hosting sebagai contoh nama email tersebut ( [email protected] )

3. Untuk tipe emailnya silahkan kalian pilih bebas mau POP3 atau IMAP, namun dalam hal ini kita menggunakan tipe POP3, setelah itu masukkan password email hosting kamu untuk setting selanjutnya

4. Jika sudah berhasil masuk ke tahap setting, kamu buka kembali cPanel hosting kamu dan menuju ke bagian manage email client, dan tampilan pengaturan email hosting akan muncul.

5. Sesuaikan setelan server masuk di smartphone kamu dengan settingan konfigurasi email yang disediakan oleh penyedia hosting. Perhatikan garis merah yang ada pada gambar dibawah ini untuk melakukan settingan tersebut. Untuk setting servernya kamu dapat menggunakan alamat yang ada di sidebar tab browser, dalam hal ini bulsjh201202.jogjahost.com kemudian klik berikutnya.

6. Nah pada settingan server keluar, lakukan kembali konfigurasi dengan mengubah server SMTP sesuai dengan yang tertera pada informasi outgoing server yang diberikan oleh penyedia hosting (mail.namadomain.net) Setelah itu klik berikutnya lagi.

7. Jika muncul sertifikat tidak valid biarkan saja, hal itu terjadi jika kamu menggunakan SSL yang tidak dilengkapi dengan garansi, kemudian pada setelan selanjutnya kamu tinggal mengubah port yang tertera (dalam hal ini 587) menjadi sesuai dengan informasi setup email client tadi yaitu 465, kemudian pada pilihan jenis keamanan pilih saja SSL/TLS (semua sertifikat) dan klik berikutnya.

Selesai, begitulah dia bagaimana cara melakukan setting atau konfigurasi email hosting di Gmail. Kalian dapat melakukan kirim atau menerima email untuk memastikan server inbox dan kotak  keluarnya bekerja. Demikian sedikit tips yang dapat Galeri Tekno berikan kepada kalian, semoga dapat menjadi solusi bagi teman-teman yang membutuhkan tips ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here