Antisipasi Bunuh Diri Live, Facebook Luncurkan Fitur Pencegah Bunuh Diri

Baru-baru ini kejadian bunuh diri secara live menggemparkan para netizen, khususnya netizen facebook. Seorang akun facebook melakukan live bunuh diri pada jejaring sosial nomor 1 di Indonesia ini. Sontak kejadian ini pun menuai banyak kritikan terkait fitur Live yang sedang booming di sosial media.

Kejadian ini tidak hanya terjadi di Indonesia, terdapat kurang lebih 5 kasus bunuh diri terjadi di dunia sebelum kejadian yang menimpa indonesia ini. CEO Facebook Mark Zuckenberg sendiri tak tinggal diam, beliau langsung meluncurkan fitur antisipasi bunuh diri yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Inteligence atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan.

Kecerdasan buatan ini sendiri terintegrasi dengan facebook live. Jadi jika kamu membuat postingan bernada perasaan keterpurukan ataupun melakukan live streaming dalam
kondisi tersebut.

Secara langsung Artificial Inteligence tersebut memberikan peringatan kepada penggunanya untuk segera berkonsultasi kepada pihak yang berpengalaman ataubahkan jika kamu mencoba bunuh diri, artificial inteligence tersebut langsung memberikan tindakan preventif dengan cara menindak tegas pengguna tersebut dan akan dihubungi facebook lebih lanjut. Kecerdasan buatan tersebut juga bekerjasama dengan cara membaca komentar-komentar netizen lainnya terhadap si pengguna tersebut.

Sayangnya fitur anti bunuh diri tersebut masih terbatas untuk Amerika Serikat saja. Namun menanggapi hal serius ini, facebook berusaha mempercepat penetrasi fitur tersebut. Facebook juga bekerjasama dengan National Suicide Prevention salah satu organisasi chatting pencegah bunuh diri.

Semoga kejadian bunuh diri live tidak terulang kembali. Bijaklah dalam menggunakan teknologi,gunakan teknologi untuk berbagai macam hal positif ketimbang melakukan kegitan konyol seperti itu.

Referensi Tulisan dan Gambar : TheVerge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here