Kupas Tuntas Prosesor Qualcomm 205 Mobile Platform

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 20 Maret 2017 Qualcomm mengumumkan prosesor baru yaitu Qualcomm 205 di India. Menariknya, prosesor anyar besutan qualcomm ini lebih diperuntukkan untuk ponsel-ponsel dengan fitur standar atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Feature Phone. Lalu apa saja keunggulan dan bagaimana sistem dari pabrikasi prosesor qualcomm 205 tersebut ? mari kita kupas lebih dalam.

Prosesor Qualcomm 205 versi mobile ini didukung dengan system on chip SoC Qualcom 205, selain dukungan SoC tersebut, Qualcomm 205 Mobile juga dilengkapi dengan beberapa komponen hardware seperti RF front end, sistem Wi-Fi, manajemen daya, audio codec, output suara amplifier dan beberapa software yang semuanya memang diperuntukkan untuk permasalahan perangkat seluler standar.

Hal yang menarik dari prosesor Qualcomm 205 ini adalah sistem modem 4G/LTE-nya, sehingga ponsel standar pun dapat menikmati kencangnya koneksi internet dengan menggunakan modem LTE Cat 4 dari prosesor tersebut. Hal ini diilhami oleh Qualcomm sendiri dengan melihat penetrasi featur phone yang masih banyak digunakan pada beberapa negara berkembang, sebut saja India dan Afrika Selatan* (*data dari IDC) dikutip dari Cnet.

Tak cuma itu, modem LTE Cat 4 yang ditanamkan pada prosesor Qualcomm 205 ini diklaim mampu menembus kecepatan download sampai 150 Mbps/detik dan kecepatan upload sampai 50 Mbps/detik. Selain menawarkan modem LTE Cat 4, prosesor ini juga mendukung teknologi Near Field Communication (NFC) dan beberapa fitur lainnya seperti dukungan streaming video berkualitas tinggi  hingga dapat menggunakan dua sim sekaligus.

Qualcomm 205 sendiri dibekali dengan Dual Core CPU dengan clock speed 1.1GHz dilengkapi juga dengan dukungan GPU Adreno yang diklaim dapat menjalankan feature phone dengan spesifikasi seperti layar VGA 480p 60 fps, kamera 3MP belakang dan 0,3MP depan serta dukungan Linux OS dan dapat digunakan dengan Snapdragon 210/212.

Berikut beberapa fitur dari prosesor Qualcomm 205 Mobile Platfrom

Demikian informasi dari Galeri Tekno mengenai prosesor Qualcomm 205 Mobile Platform, semoga memberikan tambahan edukasi kepada teman-teman sekalian. Silhkan share artikel ini apabila dirasa dapat memberikan manfaat untuk orang banyak. Terima kasih

Referensi Tulisan Qualcomm | TechXplore

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here