Ingin Jadi Penulis Sukses ? 5 Hal Ini Patut Kamu Pertimbangkan

Menjadi seorang penulis merupakan suatu profesi yang memberikan berbagai macam manfaat untuk sobat. Manfaat utamanya adalah sobat dapat menginspirasi banyak orang, hal ini dapat disadari ketika tulisan sobat banyak yang membaca ataupun banyak yang memberikan feedback terhadap isi tulisan sobat. Tidak menutup kemungkinan apapun latar belakang sobat, sobat bisa menjadi seorang penulis sukses dan professional, kenapa ? karena menulis tidak terpaku ke satu topik, sobat dapat menulis apapun hal yang sobat sukai, entah itu menulis cerpen, membuat artikel teknologi dan bahkan membuat buku.

Sobat ingin menjadi penulis sukses ? di internet sudah banyak artikel yang menjelaskan bagaimana cara menjadi penulis yang sukses. Namun disini, Galeri Tekno ingin memberikan 5 hal utama yang dapat sobat pertimbangkan untuk menjadi penulis yang sukses, berikut 5 hal utamanya

1. Pelajarilah Tata Cara Penulisan

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya sobat mempelajari terlebih dahulu bagaimana kriteria dalam membuat sebuah tulisan yang baik dan benar. Misalkan jika sobat ingin membuat artikel di blog, sobat dapat mempertimbangkan gaya penulisan seperti apa yang disukai oleh pembaca. Tujuannya apa ? agar pembaca dapat memahami maksud yang sobat sampaikan secara detail sehingga pembaca tidak akan ragu dalam memberikan feedback positif terhadap isi tulisan yang telah sobat publikasi.

2. Belajar Dari Guru/ Orang Yang Berpengalaman

Nah setelah mempelajari tata cara penulisan,perbanyak pengetahuan sobat tentang bagaimana cara menulis dengan berkonsultasi, misalkan kepada guru bahasa ataupun dengan orang yang telah berpengalaman dalam hal tulis menulis. Ikuti pelatihan menulis yang diadakan di kota sobat guna menambah ilmu menulis tersebut. Karena sharing ilmu dengan orang yang berpengalaman dapat membantu sobat memahami lebih cepat tentang ilmu tulis menulis.

3. Tulislah Hal Yang Sobat Sukai

Seperti yang diutarakan pada awal postingan ini, menulis tidak terpaku terhadap suatu topik. Sobat tak perlu menulis hal yang tidak sobat sukai, misalkan sobat menyukai hal tentang kesehatan, jangan mencoba-coba untuk menulis tentang teknologi karena tidak sinkron dengan hal yang sobat sukai. Menulislah mulai dari hal yang paling sobat sukai, tujuannya apa ? Agar tulisan yang sobat hasilkan bernilai tinggi dan tidak sembarangan. Jangan terpaku kepada hal-hal yang saat ini viral, teruslah menulis dengan keinginan hati sobat sendiri.

4. Gunakan Peran Sosial Media Dalam Mempromosikan Tulisan Sobat

Apa gunanya membuat tulisan namun tidak ada yang membaca bukan ? cobalah share tulisan sobat ke sosial media. Jika malu untuk mempublikasikan secara langsung, cobalah share terlebih dahulu ke teman dekat sobat dan minta mereka untuk menilai tulisan sobat, catat kritik dan saran dari mereka dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi bagi sobat. Jika sobat merasa tulisan sobat telah layak untuk dipublikasikan secara umum, publikasikan saja untuk mendapat respon yang lebih banyak lagi.

5. Tetapkan Tujuan Untuk Apa Sobat Menjadi Penulis

Setelah ke-4 hal tersebut sobat pertimbangkan, tetapkan tujuan untuk apa sobat ingin menjadi seorang penulis. Apakah itu untuk mencari uang, berbagi pengetahuan, pengalaman dan lainnya itu kembali ke sobat sendiri. Jika sobat ingin menulis untuk mendapatkan uang, cobalah bergabung menjadi jurnalis ataupun kontributor untuk media berita online. Jika sobat tujuannya hanya ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman, bagikan pengetahuan dan pengalaman tersebut melalui media yang sudah ada, entah melalui sosial media, platform blogging dan lain-lain.

Pada intinya, menulis dapat memberikan manfaat yang banyak, menambah finansial, dikenal orang akan karya tulisan dan masih banyak lagi yang akan sobat dapatkan terutama pengalaman dalam berbagi kepada orang lain, hal itu merupakan sebuah tindakan yang mulia. Teruslah menulis dan manfaatkan tulisan sobat untuk kepentingan orang banyak.

all images credit to Pixabay Free Images

2 KOMENTAR

  1. Min, request bahasan mengenai tips membagi waktu untuk menulis dong. Soalnya banyak yang merasa kesulitan untuk membagi waktu nya, apalagi menulis terkadang menyita waktu mereka. Tks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here