Pooh, Kucing Bulgaria Yang Berjalan Menggunakan Kaki Robotik

Pooh, seekor kucing dari Sofia,Bulgaria menjadi objek untuk operasi menanamkan kaki robotik pada kucing. Sebelumnya pooh diduga telah mengalami kecelakan dengan ditabrak mobil dan mengakibatkan kedua kaki bagian belakangnya hilang/putus.

ITAP mengubah hidup Pooh, metode operasi ITAP adalah dengan menanamkan implan titanium yang dipasang langsung pada tulang dimana tempat kaki Pooh yang hilang berada. Untuk membuat prosedur operasi sukses, kulit Pooh sendiri secara tidak langsung tumbuh untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan akibat implan titanium yang terpasang pada tulangnya.

Operasi kaki robotik untuk Pooh menghabiskan dana sebesar $1.600 atau sekitar 21 juta rupiah, uang tersebut berhasil dikumpulkan dari berbagai tempat penampungan hewan yang ada. Hingga kini, Pooh menikmati hari-harinya dengan menggunakan kaki robotik palsu, Pooh terlihat seperti tidak mengalami keanehan saat berjalan, mengingat alat tersebut dapat menyesuaikan dengan gerakan dari kucing tersebut.

Vladislav Zlatinov, seorang dokter hewan yang mengurus Pooh berkata “Semoga Pooh dapat menggunakannya dengan mudah dan dapat menjadikan harapan bagi kucing lain yang terkena nasib yang sama”.

Sebelumnya juga ada kucing bernama Steven yang melakukan operasi yang sama. Hingga kini, operasi ini menjadi operasi pertama yang sukses di eropa dan bahkan didunia. Sungguh pencapaian teknologi operasi yang luar biasa untuk saat ini dalam dunia kedokteran untuk hewan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here