Selayang Pandang Asus Zenbook UX305 | Cepat, Tipis dan Elegan

Tepat setahun yang lalu, Asus Zenboox UX305 ini hadir dihadapan admin Galeri Tekno. Laptop ini bukan milik admin tapi milik ibunda hehe. Kala itu ibu bertanya ada gak laptop yang tipis kayak punyamu Samsung Series 5 Ultra itu? Tapi jangan samsung. Kala itu admin baru baca informasi kalau Asus Zenboox UX305 sudah hadir di Indonesia. Lantas saya bersama ibunda pun langsung memesan laptop tersebut kepada salah satu toko Komputer yang ada di Batam kala itu.

Asus Zenboox UX305 sendiri adalah salah satu seri Ultrabook dari Asus, laptop ini menawarkan kecepatan, desain yang tipis dan bentuk yang elegant, sesuai dengan slogan mereka Fast,Slim,Elegant/Beautifull. Ultrabook asus ini hadir dalam 2 model, yaitu yang 5Y10 dan 5Y71. Karena harga model 5Y71 termasuk mahal, kamipun memutuskan untuk membeli model yang paling murah yaitu 5Y10, harganya 9,5Jt kala itu.

Mari kita ulas satu per satu dari tiap sektor pada laptop Asus Zenbook UX305 berikut ini :

DESAIN

Gambar : https://www.asus.com/id/Notebooks/ASUS-ZenBook-UX305FA

Ultrabook Asus Zenbook UX305 ini sendiri memiliki desain yang sangat tipis dari kebanyakan ultrabook di pasaran, ketebalannya hanya 1,2 cm. Mungkin lebih tipis dari smartphone admin sekarang hehe, Laptop ini juga memiliki bobot yang hanya 1.2 Kg yang membuat ultrabook ramping ini cocok untuk dibawa kemana-mana tanpa membebani barang bawaan sobat.

Bahan yang dipergunakan pada ultrabook ini adalah aluminium, tekstur melingkar khas seri smartphone asus zenfone seri terdahulu juga disematkan pada ultrabook ini. Desain ultrabook ini juga mendapatkan banyak pujian dari pecinta gadget diseluruh dunia, terbukti dengan berbagai penghargaan yang didapatkan oleh Asus salah satunya adalah Good Design Award dari Japan Institute of Design Promotion.

LAYAR

Gambar : https://www.asus.com/id/Notebooks/ASUS-ZenBook-UX305FA

Asus Zenboox UX305 sendiri menggunakan layar berteknologi IPS dengan kualitas Quad HD+ (qhd) dan Full HD, unit yang admin review adalah versi layar Full HD, secara umum tampilan layar dari Ultrabook ini sangat baik, gambar terlihat jernih berkat teknologi kecerahan layar 300cd/m2 dipadukan dengan kerapatan sebesar 276 ppi. Gambar terlihat natural dan tampak nyata sapai ke sudut-sudut layarnya.

HARDWARE

Gambar : https://www.asus.com/id/Notebooks/ASUS-ZenBook-UX305FA/

Asus Zenbook UX305 membawa prosesor Intel Core M, salah satu prosesor baru yang lebih mementingkan efisiensi power, namun tidak dalam kecepatan. Hal ini lah yang membuat Zenbook UX305 desainnya lebih tipis dari macbook pada kala itu dan juga Ultrabook ini tidak memiliki Fan untuk pendinginan. Sehingga space untuk fan dihilangkan, alhasil desain laptop menjadi sangat tipis.

Asus Zenbook UX305 juga menggunakan Storage State Drive (SSD) berkapasitas 256GB untuk unit yang admin review. Namun juga tersedia yang versi 512GB yang tentunya pasti lebih mahal. Ultabook ini lebih diperuntukkan pada segmen yang mementingkan kecepatan dan efektifitas dari sebuah laptop. Bayangkan saja, laptop ini sudah booting dengan sempurna hanya dalam waktu kurang dari 15 detik saja. Hal ini berimbas dari penggunaan prosesor Intel Core M itu sendiri. Laptop ini juga dibundling dengan Windows 10 Home.

FITUR UNGGULAN

Gambar : https://www.asus.com/id/Notebooks/ASUS-ZenBook-UX305FA/

Asus Zenboox UX305 memiliki berbagai macam keunggulan diantaranya

1. Daya Tahan Baterai Hingga 10 Jam

Asus Zenboox UX305 ini sendiri dapat bertahan hingga 10 jam non stop dalam sekali proses pengisian baterai. Pengisian ulang yang dialakukan terbilang cukup lama, sekitar 4jam untuk mencapat full (dengan catatan laptop dalam kondisi mati)

2. Teknologi Asus Ice Cool

Dengan menggunakan teknologi ini, panas laptop akan disesuaikan sehingga sobat dapat betah berlama-lama dalam menggunakannya, dukungan Intel Core M yang ramah daya juga membuat Zenboox UX305 ini tidak cepat panas.

3. Wifi 802.11ac Terbaru Yang Super Cepat

Zenboox UX305 dilengkapi konektifitas wifi yang diklaim mampu menangkap sinyal lebih luas dan menghasilkan koneksi yang lebih cepat berkat dukungan WiFi 802.11ac terbaru. Kecepatan diklaim bisa sampai 867Mb/detik

KEKURANGAN

Tidak afdol rasanya jika kita hanya membahas kelebihannya saja, karena tidak ada produk yang dihasilkan tanpa dengan kekurangan. Sejauh penggunaan yang dirasakan, kekurangan hanyalah pada keyboard yang tidak dilengkapi Backlight, sehingga mengetik dalam kondisi minim cahaya terbilang cukup sulit karena tombol keyboard hampir tidak kelihatan.

Sekian pengalaman yang saya rasakan selama menggunakan Asus Zenbook UX305 milik ibunda hehe, kurang lebihnya saya mohon maaf, karena saya juga jarang-jarang pake laptop ini. Paling sesekali doang minjemnya :D. Apabila sobat memiliki pendapat lain tentang Asus Zenbook UX305 ini silahkan berikan komentar sobat dibawah. Salam tech blogger!!

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here