Tips Menghemat Space Hosting WordPress

Seperti yang kita semua ketahui, wordpress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan untuk sebuah situs, baik itu situs pribadi, berita bahkan korporasi sekalipun. Kustomisasi yang cukup mudah menjadi alasan banyak orang memilih wordpress ketimbang CMS yang lainnya.

Namun wordpress membutuhkan hosting dalam penggunaannya (meskipun ada versi tanpa hosting dari wordpress.com). Karena sifatnya hosting inilah kita harus mempertimbangkan kapasitas hosting yang akan kita ambil. Umumnya makin tinggi kapasitas/disk space hosting, semakin tinggi pula harga paket hostingnya.

Untuk sobat yang kere seperti admin sudah pasti memilih paket hosting yang murah bukan. Keterbatasan dana jadi alasan utama memilih hosting dengan diskspace yang kecil. Lalu bagaimana cara memaksimalkan/menghemat kapasitas hosting yang kita pasangi wordpress? Berikut tips menghemat space hosting wordpress yang mungkin bisa berguna buat sobat :

1. Upload & Resize Gambar

Cara paling ampuh untuk menghemat space hosting adalah meresize atau mengubah ukuran gambar, seperti pemotongan atau pengurangan resolusi, dengan cara seperti ini dapat menghemat kapasitas hosting wordpress kita. Ataupun upload gambar ke layanan pihak ke-3 seperti flic.kr untuk menghindari upload ke server hosting.

2. Batasi Penggunaan Plugin

Banyaknya plugin yang terinstalasi di wordpress sobat akan sangat berdampak pada kapasitas hosting, karena plugin juga membutuhkan banyak space untuk instalasinya. Gunakanlah plugin sesuai kebutuhan dan uninstallah plugin apabila tidak terlalu dibutuhkan.

3. Usahakan Tidak Menggunakan Email Hosting

Gambar : eticomm.com

E-mail yang didapat ketika membeli sebuah paket hosting memang menyenangkan, dimana kita mendapatkan email khusus menggunakan ekstensi domain kita sendiri. Namun usahakan sobat tidak menggunakan email tersebut untuk kepentingan pribadi seperti berlangganan berita dan lain-lainnya, karena makin banyak email masuk, makin banyak juga disk space yang akan terpakai untuk hostingan kita.

4. Hapus Secara Rutin File TMP Yang Muncul

Walaupun tidak terlalu berdampak besar, penghapusan file ini minimal dapat sedikit memperlega space hosting sobat. Ukuran file tmp tersebut pun biasanya tidak terlalu besar dan kurang dari 1 MB, namun jika tidak dihapus secara rutin file tersebut akan bertambah besar. Jadi, usahakan untuk menghapus file tmp secara rutin.

5. Simpan 1 File Tema Di Hosting WordPress

Tips yang ke-5 ini sangat-sangat membantu untuk memperlega space hosting, hapus file tema yang tidak dipakai dan sisakan hanya 1 tema yang memang digunakan untuk menjalankan wordpress, usahakan memilih tema yang kaya fitur namun tidak terlalu besar ukurannya.

Sekian tips dari Galeri Tekno mengenai cara menghemat space hosting bagi pengguna wordpress. Mudah-mudahan sedikit banyaknya informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Salam tech blogger!!

Read Article in English

Berita sebelumyaApa Itu SSL dan Apa Beda Http dan Https
Berita berikutnyaCara Mudah Setting Email Hosting di Android
Anaknya pak rakhmad dan bu maria, senang mengikuti perkembangan teknologi, rajin menulis, serta tidak sombong, sedang menuju gelar S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.. Dan juga seorang blogger. Sekarang menjadi CEO di Galeri Tekno Network
BAGIKAN

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here